ANTI RAYAP

Keberadaan rayap di dalam ekosistem adalah sebagai pengurai dari kayu yang telah mati, jika tidak ada pengurai maka dapat dibayangkan betapa banyaknya kayu yang telah mati dan tidak terpakai dan harus dimusnahkan dengan cara lain.

Rayap akan menjadi hama pengganggu di dalam hunian ketika rayap menyerang material – material kayu yang merupakan struktur dari bangunan baik kusen, rangka atap, pintu, jendela dan material – material kayu pada furniture.

Untuk mengetahui adanya serangan rayap pada property kita dapat dilihat dari beberapa tanda sebagai berikut :

  1. Tunnel atau alur rayap, rayap tanah biasanya membuat alur ini merambat di dinding atau di kayu sebagai jalur bolak – balik dari sarang ke sumber makanan, rayap membuat alur ini karena mereka peka terhadap cahaya. Alur ini berupa tanah yang merambat bias dibuat oleh rayap dari lumpur atau puing.
  2. Adanya serangga terbang atau laron di sekitar property anda dapat dicurigai sebagai tanda kehadiran rayap.
  3. Kotoran rayap, biasanya ada gundukan kotoran berwarna coklat, rayap kayu meninggalkan kotoran dibawah kayu yang digerogoti.
  4. Pintu rumah atau laci atau jendela yang sulit dibuka, karena rayap membuat tunnel atau alur rayap untuk jalur bolak – balik dari sarang ke sumber makanan maka keberadaan tanah ini akan menghalangi pintu atau laci sehingga sulit dibuka.
  5. Listrik yang tidak bisa dihidupkan, tunnel atau alur tanah yang dibuat dapat mengisolasi arus listrik yang ada dalam saklar sehingga ketika saklar dinyalakan kuningan yang harusnya bertemu terhalangi atau terisolasi oleh tanah tersebut.
  6. Kayu yang berongga atau tipis ketika diketuk, rayap menyerang kayu dari dalam dan menggerogotinya sehingga kayu yang diserang terlihat masih bagus di dalam tetapi sudah rusak di dalam.
  7. Biasanya ketika suasana rumah sunyi jika serangan rayap sudah massive maka akan terdengar suara gemertak pada kayu yang diserang.

MENCEGAH SERANGAN RAYAP

Ada beberapa hal sederhana yang dapat membantu agar serangan rayap dapat dihindari, diantaranya :

  1. Memperbaiki kebocoran kran atau atap, jika kebocoran terjadi di rumah atau tempat Anda maka akan terjadi kelembaban, hal ini dapat mengundang adanya serangan rayap pada rumah dan property Anda.
  2. Cara penyimpanan barang di gudang, hindarilah menyimpan kardus bekas langsung menempel pada lantai, jika hal ini dilakukan maka lantai menjadi lembab dan basah dan akan mengundang serangan rayap.
  3. Batang kayu dan pohon mati, ini merupakan tempat favorit bagi rayap, segera singkirkan batang kayu di halaman rumah Anda dan segera buang pohon atau tanaman mati di taman rumah Anda.

KLASIFIKASI PERLINDUNGAN ANTI RAYAP SECARA UMUM

Pada umumnya perlindungan anti rayap pada property atau bangunan rumah dikategorikan menjadi dua bagian secara umum, yaitu pra konstruksi dan pasca konstruksi.

Pra konstruksi adalah jenis perlindungan anti rayap pada bangunan sebelum bangunan itu berdiri, aplikator biasanya melakukan penyemprotan cairan termisida pada dinding galian pondasi dengan konsentrasi tertentu, penyempotan pun dilakukan pada tanah urugan pondasi (back filled), serta penyemprotan pada lantai kerja setelah melakukan pemadatan (stamper) lantai kerja sebelum pemasang keramik atau granit.

Sedangkan Pasca konstruksi adalah perlindungan anti rayap pada bangunan rumah atau properti setelah bangunan berdiri. Biasanya untuk pekerjaan anti rayap pasca konstruksi ini dilakukan dengan cara melakukan residual pada tanah di dalam dan luar bangunan dengan cara menyuntikkan cairan termisida sepanjang pondasi bangunan.  Temisida cair yang diaplikasikan bukan hanya tertelan oleh rayap, tetapi juga melekat pada badan rayaap sehingga menulari seluruh rayap hingga ke koloninya

Pilihan lain dari metode pembasmian rayap pasca konstruksi adalah dengan cara umpan. Dengan metode umpan pada rayap maka rayap akan terinfeksi sampai sarangnya dalam waktu yang relative singkat, diharapkan seluruh koloni baik primer maupun sekunder dapat tuntas dengan cepat.

Garansi diberikan mulai dari 3 – 5 tahun sesuai dengan pilihan jenis pekerjaan yang dipilih. Selama masa garansi maka perawatan berkala akan dilakukan oleh kami dan tanpa tambahan biaya apa pun (GRATIS).

Segera dapatkan penjelasan dari teknisi kami saat melakukan survey GRATIS ke tempat Anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

00:33